Kamis, 18 Maret 2010

penelitian akuntansi (riset akuntansi)

TUGAS RISET AKUNTANSI
Nama : Kartika Utami
Kelas : 3 EB05
NPM : 21207274

HASIL PENELITIAN AKUNTANSI
Judul : Analisis Kinerja Keuangan pada PT. Arwana Citra Mulia.
Penulis : Sehati Christin .M
Waktu penerbitan : 2005
Nama majalah : Penulisan Ilmiah
Lembaga penerbit : Universitas Gunadarma

KOMPONEN-KOMPONEN
A. Bab 1
Membahas tentang latar belakang masalah yaitu perkembangan perekonomian di Indonesia masih dalam keadaan krisis moneter yang mana telah menyebabkan perusahaan kecil mengalami kebangkrutan dan perusahaan besar mengalami kemunduran. Secara tidak langsung dengan keadaan tersebut menuntut setiap perusahaan untuk lebih efisien dalam mempergunakan keuangan perusahaan agar dapat bertahan dalam keadaan krisis seperti ini, bila tidak maka dapat mengalami kebangkrutan. Kondisi keuangan perusahaan sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan perumusan kebijaksanaan yang dilakukan pada suatu perusahaan tersebut.
Rumusan masalah penulisan ilmiah ini dibatasi pada kinerja keuangan yang diukur dengan menggunkan rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas pada laporan keuangan periode 2001, 2002, 2003, dan 2004.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah PT. Arwana Citra Mulia memiliki kinerja keuangan yang baik pada periode 2001-2004 dengan diukur menggunakan rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas.
Manfaat penelitian yang ditujukan untuk manfaat akademis dan manfaat praktis.

B. Bab 2
Membahas tentang pengertian laporan keuangan, sifat laporan keuangan, susunan laporan keuangan (neraca, laporan rugi-laba, laporan perubahan modal), pentingnya laporan keuangan, pengertian analisis laporan keuangan, penggolongan rasio keuangan dan pengertiannya.

C. Bab 3
Mengemukakan data-data perusahaan, dimulai dari sejarah umum perusahaan, struktur organisasi, Job description, proses produksi, fasilitas produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan sumber pengumpulan data, serta analisis yang dipakai.

D. Bab 4
Menguraikan lebih terinci lagi tentang laporan keuangan perusahaan, menguraikan perhitungan rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas, serta memberikan hasil dan analisa perhitungan rasio Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas.

E. Bab 5
Berisikan kesimpulan dan saran-saran dan kritik-kritik dari penulis setelah melakukan penelitian.

IDENTIFIKASI HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian merupakan Applied Research, yang penerapannya ditujukan untuk membantu perusahaan dalam memecahkan masalah yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.