Rabu, 05 Mei 2010

ABSTRAKSI

TUGAS RISET AKUNTANSI
Nama : Kartika Utami
Kelas : 3 EB05
NPM : 21207274

HASIL PENELITIAN AKUNTANSI
Judul : Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Diskriminan Altman pada Lima Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
Penulis : Luqman Hakim
Waktu penerbitan : 2009
Nama majalah : Penulisan Ilmiah
Lembaga penerbit : Universitas Gunadarma

ABSTRAK


Kartika Utami, 21207274
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT PREDIKSI KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL DISKRIMINAN ALTMAN PADA LIMA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA.
Penulisan Ilmiah, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009.
Kata kunci : Analisis Laporan Keuangan, Analisis Z-Score, Analisis Kesehatan

( ix + 80 + Lampiran )

Suatu perusahaan didirikan bukan untuk mengalami kebangkrutan, untuk itu diperlukan alat yang dapat digunakan sebagai sistem peringatan dini. Salah satu alat tersebut adalah analisis Z-score Altman yang digunakan untuk memprediksi kinerja keuangan perusahaan, kinerja keuangan yang buruk dapat menyebabkan dan memicu kebangkrutan.
Populasi penelitian ini adalah lima perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan menggunakan metode Simple Random Sampling sebagai teknik pengambilan sampel perusahaan. Dipilihlah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., PT. Lion Metal Works Tbk., PT. Astra International Tbk., dan PT. Tempo Scan Pacifik Tbk.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa diketahui secara teoritis ada satu perusahaan yang berada dalam kategori grey area atau daerah abu-abu dan empat perusahaan berada dalam kategori kondisi sehat.
Untuk perusahaan yang sudah berada dalam kategori sehat dapat mempertahankan sistem manajemen yang sudah dijalankan dan untuk perusahaan yang berada dalam kategori grey area perusahaan diindikasi mengalami masalah keuangan yang harus ditangani oleh penanganan manajemen yang tepat dan cepat jika tidak ingin mengalami ancaman kebangkrutan.

Daftar Pustaka ( 1983 – 2009 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.