Jumat, 25 Maret 2011

AKUNTANSI PERUBAHAN HARGA DAN INFLASI SECARA INTERNASIONAL

Nama : Kartika Utami
Kelas : 4 EB05
Tugas Softskill Akuntansi Internasional

AKUNTANSI PERUBAHAN HARGA DAN INFLASI SECARA INTERNASIONAL

Inflasi merupakan fenomena dunia yang banyak terjadi di negara berkembang namun kecenderungan yanng ada negara maju mengaddopsi akuntansi inflasi untuk memperbaiki penyimpangan dari conventional historical cost accounting yang memasukkan unsur perubahan harga dan inflasi pada pendapatan dan aset.
PENGARUH INFLASI PADA PERUSAHAAN
Inflasi mempengaruhi posisi keuangan dan kinerja suatu perusahaan, kaitannya dengan posisi keuangan adalah aset keuanngan akan berkurang nilainnya selama inflasi karena berkurangnya daya beli.
ALTERNATIF PENGUKURAN AKUNTANSI
A. GENERAL PURCHASING POWER
Meliputi semua sistem yang dirancang untuk menjaga real purchasing power dari modal pemilik perusahaan dengan akuntansi untuk perubahan dalam tingkat harga.

B. CURRENT VALUE ACCOUNTING
Meliputi semua sistem untuk menghitung nilai sekarang atau perubahan dalam harga khusus mencakup current cost accounting, replacement accounting dan current exit price accounting/selling price accounting.

C. CURRENT VALUE : GPP ACCOUNTING
GPP dan CVA digabungkan dalam real value sistem.
PERBANDINGAN PERATURAN DAN PRAKTIK
Perkembangan akuntansi inflasi didapat dari negara yang mengalami hiperinflasi yakni negara-negara Amerika latin; Brazil, Argentina, Chili. Di Brazil dan Chili penyesuaian rekening ke dasar daya beli diperkenalkan sejak 1970 sedang di Argentina standar profesi merekomendasi penyajian laporan keuangan supplementary general purchasing power.
Inisiatif harmonisasi internasional United Nation
UN menyarankan pendekatan pengungkapan untuk mengatasi masalah akuntansi inflasi. Group of experts on international standards of accounting and reporting (GEISAR) menganjurkan hanya ada satu kebijakan yang digunakan berdasar standar IASC.
The European community
Menyetujui susunan pelaporan keuangan, metode penilaian yang terdiri dari pelaporan tahunan dan pelaporan berorientasi pada masyarakat. Namun tiap negara anggota dapat memilih metode akuntansi biaya yang dipergunakan untuk menyediakan informasi pendukung atau asumsi untuk perbandingan.
STRUKTUR DAN KEBIJAKAN AKUNTANSI
Nilai sekarang
Perhitungan laba bersih dan penilaian aset berdasar nilai sekarang sama dengan nilai pengganti yaitu lebih rendah dari nilai direalisasi.
Nilai luar negeri
Semua mata uang LN diubah dalam mata uang DN berdasar tarif pertukaran resmi pada tanggal neraca sedang selisih forward rate dan tarif sekarang diamortisasi selama forward contract. Selisih pertukaran translasi investasi bersih LN terhadap mata uang DN dihitung sebagai selisih translasi modal saham dalam neraca.
Aset tetap dan aset lancar
Aset tetap tak berwujud dimasukkan dalam neraca kecuali nilai pembayaran pihak ketiga dan royalti. Aset tetap tak berwujud disajikan berdasar nilai sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.